Popular Posts

Monday, November 15, 2021

HAKIKAT BELAJAR DAN PEMBELAJARAN makalah

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

Belajar merupakan kebutuhaan hidup manusia yang vital dalam usahanya untuk mempertahankan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Tanpa belajar manusia akan mengalami kesulitan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan nya karena tuntutan kehidupan dan penghidupan seantiasa berubah. Dengan demikian, belajar mennjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi sepanjang usia manusia, sejak lahir hingga akhir hayatnya.

B.       Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan belajar ?

2.      Bagaimana pengertian belajar menurut para ahli ?

3.      Apa saja ciri- ciri belajar ?

4.      Apa saja jenis-jenis aktivitas belajar

 

C.       Tujuan

Setelah selesai mempelajari, makalah ini anda diharapkan dapat :

1.      Mendefinisakan pengertian belajar secara umum

2.      Mengemukakan teori-teori belajar yang relevan menurut para ahli

3.      Mengetahui dengan detail apa saja yang termasuk dalam ciri-ciri belajar

4.      Memahami aplikasi dan cara mengimplementasikan jenis-jenis aktivas belajar dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 


BAB II

PEMBAHASAN

 

A.    Pengertian Belajar

Kata atau istilah belajar bukanlah sesuatu yang baru, sudah sangat dikenal secara luas, namun dalam pembahasan belajar ini masing-masing ahli memiliki pemahaman dan definisi yang berbeda-beda, walaupun secara praktis masing-masing kita sudah sangat memahami apa yang dimaksud belajar tersebut. Tetapi pada intinya bahwa belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan seseorang dengan sengaja dalam keadaan sadar untuk memperoleh suatu konsep, pemahaman, atau pengetahuan baru sehingga memungkinkan seseorang terjadinya perubahan perilaku yang relatif tetap baik dalam berpikir, merasa, maupun dalam bertindak.

Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di museum, di laboratorium, di hutan dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri dan akan menjadi penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.

Menurut pandangan psikologis, yang disebut belajar adalah mencakup aspek perubahan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari perubahan interaksi dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tingkah laku dalam proses belajar meliputi :

1.      Belajar menghasilkan perubahan pada diri peserta didik yang belajar.

2.      Didapatkannya kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama dan relatif permanen.

3.      Perubahan itu terjadi karena adanya usaha.

4.      Perubahan tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang berlangsung, perubahan perilaku tersebut bersifat potensial.

5.      Perubahan tingkah laku merupakan hasil latihan atau pengalaman.

6.      Pengalaman atau latihan itu dapat member penguatan.

7.      Belajar adalah proses aktif dari peserta didik yang bersangkutan.

8.      Belajar hanya dapat dilakukan secara individual.

9.      Kemampuan belajar setiap individu berbeda.

10.  Belajar melalui indera.

No comments:

Post a Comment