BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Belajar merupakan kebutuhaan hidup
manusia yang vital dalam usahanya untuk mempertahankan hidup dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara. Tanpa belajar manusia akan mengalami kesulitan
dalam penyesuaian diri dengan lingkungan nya karena tuntutan kehidupan dan
penghidupan seantiasa berubah. Dengan demikian, belajar mennjadi suatu
kebutuhan yang harus dipenuhi sepanjang usia manusia, sejak lahir hingga akhir
hayatnya.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan belajar ?
2. Bagaimana
pengertian belajar menurut para ahli ?
3. Apa
saja ciri- ciri belajar ?
4. Apa
saja jenis-jenis aktivitas belajar
C. Tujuan
Setelah
selesai mempelajari, makalah ini anda diharapkan dapat :
1. Mendefinisakan
pengertian belajar secara umum
2. Mengemukakan
teori-teori belajar yang relevan menurut para ahli
3. Mengetahui
dengan detail apa saja yang termasuk dalam ciri-ciri belajar
4. Memahami
aplikasi dan cara mengimplementasikan jenis-jenis aktivas belajar dalam
kehidupan sehari-hari.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Belajar
Kata
atau istilah belajar bukanlah sesuatu yang baru, sudah sangat dikenal secara
luas, namun dalam pembahasan belajar ini masing-masing ahli memiliki pemahaman
dan definisi yang berbeda-beda, walaupun secara praktis masing-masing kita
sudah sangat memahami apa yang dimaksud belajar tersebut. Tetapi pada intinya
bahwa belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan seseorang dengan sengaja
dalam keadaan sadar untuk memperoleh suatu konsep, pemahaman, atau pengetahuan
baru sehingga memungkinkan seseorang terjadinya perubahan perilaku yang relatif
tetap baik dalam berpikir, merasa, maupun dalam bertindak.
Belajar
adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap
dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari
bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar tersebut ada yang dilakukan di
sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di museum, di laboratorium, di
hutan dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang
kompleks. Sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri dan
akan menjadi penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.
Menurut pandangan psikologis, yang disebut belajar
adalah mencakup aspek perubahan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari
perubahan interaksi dengan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dari uraian diatas kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan tingkah laku dalam
proses belajar meliputi :
1.
Belajar
menghasilkan perubahan pada diri peserta didik yang belajar.
2.
Didapatkannya
kemampuan baru yang berlaku dalam waktu yang relatif lama dan relatif permanen.
3.
Perubahan itu
terjadi karena adanya usaha.
4.
Perubahan
tingkah laku tidak harus segera dapat diamati pada saat proses belajar sedang
berlangsung, perubahan perilaku tersebut bersifat potensial.
5.
Perubahan
tingkah laku merupakan hasil latihan atau pengalaman.
6.
Pengalaman atau
latihan itu dapat member penguatan.
7.
Belajar adalah
proses aktif dari peserta didik yang bersangkutan.
8.
Belajar hanya
dapat dilakukan secara individual.
9.
Kemampuan
belajar setiap individu berbeda.
10. Belajar melalui indera.
No comments:
Post a Comment