1.
Terdapat Problem
Statement (Problem Statement adalah suatu masalah saat ini yang membutuhkan
tindakan tepat waktu untuk memperbaiki situasi.)
Jawab :
Pengelolaan data dan informasi di Desa Mandomai,
Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah yang masih
menggunakan arsip-arsip berkas dirasa sudah tidak efisien untuk diterapkan
sekarang. Dikarenakan arsip-arsip yang berupa lembaran kertas tersebut bisa
saja mengalami hal yang tidak diinginkan seperti ; hilang, robek, maupun hancur
seiring di makan usia.
2.
Proses Bisnis dari
Kondisi eksisting atau kondisi yang sedang berjalan
Jawab :
Dikarenakan pengelolaan data yang masih tertinggal
tersebut, banyak data dari warga yang sudah tidak relevan untuk digunakan.
Sehingga tidak sedikit warga yang harus memperbaharui
data dirinya secara manual yang tentunya akan memakan banyak waktu.
Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi
yang semakin canggih dan maju, permasalahan seperti yang disebutkan pada no.1
di atas bisa diatasi dengan memperbaiki pengelolaan sistem informasi. Hal yang
paling tepat dilakukan adalah dengan membuat suatu sistem informasi yang bisa
di akses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Contohnya dengan menggunakan
aplikasi yang menyediakan pengelolaan sistem basis data, seperti ; Xampp,
Microsoft Office (khususnya Microsoft Access), MySQL dan sebagainya.
3.
Solusi Permasalahan
Jawab :
Permasalahan pengelolaan data yang masih tertinggal zaman
tersebut bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi database atau
yang biasa disebut basis data.Caranya adalah dengan membuat databaseyang
mudah untuk digunakan dan dipahami cara kerjanya. Melakukan pelatihan-pelatihan
penggunaan database tersebut untuk para perangkat desa sangat perlu
untuk dilakukan. Mulai dari mengenalkan apa itu basis data, bagaimana cara
kerjanya, hingga apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Tersedianya fasilitas
untuk mengakses database tersebut juga sangat diperlukan, contohnya
perangkat komputer untuk server serta jaringan internet yang memadai. Di sini
kami memisalkan membuat suatu database yang bernama ”SIDU”, yang
merupakan singkatan dari Sistem Informasi Desa Terpadu.
“SIDU” atau Sistem Informasi Desa Terpadu adalah sebuah database
yang akan menampung seluruh informasi dari warga Desa Mandomai. Diharapkan
dengan adanya sistem informasi tersebut, semua warga desa—melalui perangkat
desa yang bertugas—bisa dengan mudah mencari, mengoreksi, serta menambahkan
data diri mereka.
4.
Rancangan tabel yang
dibutuhkan berdasarkan permasalahan yang diuraikan
Jawab :
Berikut merupakan rancangan
tabel yang dibutuhkan untuk ”SIDU” atau Sistem Informasi Desa Terpadu :
1)
Tabel Tata Kepegawaian
Tabel ini merupakan tabel yang
mencakup data-data dari pegawai serta perangkat desa yang bertugas mengelola database
itu sendiri. Tabel tata kepegawaian memiliki field-field seperti berikut
:
a.
NIP atau Nomor Induk
Pegawai, bisa diganti dengan NIK jika bukan seorang ASN (Primary Key)
b.
Nama
c.
Jabatan
d.
Wewenang serta
kewajiban
2)
Tabel Daftar Rukun
Warga
Tabel ini memuat nama-nama RW
yang berada di Desa Mandomai. Tabel daftar rukun warga memiliki field-field
seperti berikut :
a.
Nama RW (Primary
Key)
b.
Nama Kepala RW yang
memimpin
c.
Nama-Nama RT yang
dipimpin
3)
Tabel Daftar Rukun
Tetangga
Tabel ini memuat nama-nama RT
yang berada di Desa Mandomai. Tabel daftar rukun tetangga memiliki field-field
seperti berikut :
a.
Nama RT (Primary
Key)
b.
Nama Kepala RT yang
memimpin
c.
Nama-Nama Kepala
Keluarga yang dipimpin
4)
Tabel Kepala Rukun
Warga
Tabel kepala rukun warga
berisikan data-data tentang kepala RW yang menjabat di Desa Mandomai. Tabel ini
memiliki field-field seperti berikut :
a.
NIK atau Nomor Induk Kependudukan
(Primary Key)
b.
Nama
c.
Nama RW yang dipimpin
5)
Tabel Kepala Rukun Tetangga
Tabel ini merupakan tabel yang
berisikan data tentang para kepala RT yang ada di Desa Mandomai. Tabel Kepala
Rukun Tetangga ini memiliki field-field seperti berikut :
b.
NIK atau Nomor Induk
Kependudukan (Primary Key)
c.
Nama
d.
Nama RT yang dipimpin
6)
Tabel Kepala Keluarga
Tabel ini akan berisikan
tentang data para kepala keluarga yang ada di Desa Mandomai. Data ini akan di
kelompokkan berdasarkan sesuai di RT mana warga tersebut tinggal. Tabel kepala keluarga ini memiliki field-field
seperti berikut :
a.
No. Kartu Keluarga (Primary
Key)
b.
NIK atau Nomor Induk
Kependudukan
c.
Nama-Nama Kepala
Kepala Keluarga
7)
Tabel Warga Desa
Tabel ini akan memuat
nama-nama warga desa yang akan dikelompokkan sesuai di RT mana warga tersebut
tinggal. Tabel warga desa ini memiliki field-filed seperti berikut :
a)
NIK atau Nomor Induk
Kependudukan (Primary Key)
b)
No. Kartu Keluarga
c)
Nama Kepala Keluarga
d)
Nama
e)
Tempat & Tanggal
Lahir
f)
Agama
g)
Alamat
h)
Pekerjaan
i)
No. Handphone (jika
ada)
j)
e-mail (jika ada)
No comments:
Post a Comment