Popular Posts

Monday, November 15, 2021

BASIS DATA LANJUT

1.      Terdapat Problem Statement (Problem Statement adalah suatu masalah saat ini yang membutuhkan tindakan tepat waktu untuk memperbaiki situasi.)

Jawab :

Pengelolaan data dan informasi di Desa Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah yang masih menggunakan arsip-arsip berkas dirasa sudah tidak efisien untuk diterapkan sekarang. Dikarenakan arsip-arsip yang berupa lembaran kertas tersebut bisa saja mengalami hal yang tidak diinginkan seperti ; hilang, robek, maupun hancur seiring di makan usia.

 

2.      Proses Bisnis dari Kondisi eksisting atau kondisi yang sedang berjalan

Jawab :

Dikarenakan pengelolaan data yang masih tertinggal tersebut, banyak data dari warga yang sudah tidak relevan untuk digunakan. Sehingga tidak sedikit warga yang harus memperbaharui data dirinya secara manual yang tentunya akan memakan banyak waktu.

Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi yang semakin canggih dan maju, permasalahan seperti yang disebutkan pada no.1 di atas bisa diatasi dengan memperbaiki pengelolaan sistem informasi. Hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan membuat suatu sistem informasi yang bisa di akses kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Contohnya dengan menggunakan aplikasi yang menyediakan pengelolaan sistem basis data, seperti ; Xampp, Microsoft Office (khususnya Microsoft Access), MySQL dan sebagainya.

 

3.      Solusi Permasalahan

Jawab :

           Permasalahan pengelolaan data yang masih tertinggal zaman tersebut bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi-aplikasi database atau yang biasa disebut basis data.Caranya adalah dengan membuat databaseyang mudah untuk digunakan dan dipahami cara kerjanya. Melakukan pelatihan-pelatihan penggunaan database tersebut untuk para perangkat desa sangat perlu untuk dilakukan. Mulai dari mengenalkan apa itu basis data, bagaimana cara kerjanya, hingga apa saja manfaat yang bisa didapatkan. Tersedianya fasilitas untuk mengakses database tersebut juga sangat diperlukan, contohnya perangkat komputer untuk server serta jaringan internet yang memadai. Di sini kami memisalkan membuat suatu database yang bernama ”SIDU”, yang merupakan singkatan dari Sistem Informasi Desa Terpadu.

           “SIDU” atau Sistem Informasi Desa Terpadu adalah sebuah database yang akan menampung seluruh informasi dari warga Desa Mandomai. Diharapkan dengan adanya sistem informasi tersebut, semua warga desa­—melalui perangkat desa yang bertugas—bisa dengan mudah mencari, mengoreksi, serta menambahkan data diri mereka.

 

4.      Rancangan tabel yang dibutuhkan berdasarkan permasalahan yang diuraikan

Jawab :

Berikut merupakan rancangan tabel yang dibutuhkan untuk ”SIDU” atau Sistem Informasi Desa Terpadu :

1)      Tabel Tata Kepegawaian

Tabel ini merupakan tabel yang mencakup data-data dari pegawai serta perangkat desa yang bertugas mengelola database itu sendiri. Tabel tata kepegawaian memiliki field-field seperti berikut :

a.       NIP atau Nomor Induk Pegawai, bisa diganti dengan NIK jika bukan seorang ASN (Primary Key)

b.      Nama

c.       Jabatan

d.      Wewenang serta kewajiban

 

2)      Tabel Daftar Rukun Warga

Tabel ini memuat nama-nama RW yang berada di Desa Mandomai. Tabel daftar rukun warga memiliki field-field seperti berikut :

a.       Nama RW (Primary Key)

b.      Nama Kepala RW yang memimpin

c.       Nama-Nama RT yang dipimpin

 

3)      Tabel Daftar Rukun Tetangga

Tabel ini memuat nama-nama RT yang berada di Desa Mandomai. Tabel daftar rukun tetangga memiliki field-field seperti berikut :

a.       Nama RT (Primary Key)

b.      Nama Kepala RT yang memimpin

c.       Nama-Nama Kepala Keluarga yang dipimpin

 

4)      Tabel Kepala Rukun Warga

Tabel kepala rukun warga berisikan data-data tentang kepala RW yang menjabat di Desa Mandomai. Tabel ini memiliki field-field seperti berikut :

a.       NIK atau Nomor Induk Kependudukan (Primary Key)

b.      Nama

c.       Nama RW yang dipimpin

 

5)      Tabel Kepala Rukun Tetangga

Tabel ini merupakan tabel yang berisikan data tentang para kepala RT yang ada di Desa Mandomai. Tabel Kepala Rukun Tetangga ini memiliki field-field seperti berikut :

b.      NIK atau Nomor Induk Kependudukan (Primary Key)

c.       Nama

d.      Nama RT yang dipimpin

 

6)      Tabel Kepala Keluarga

Tabel ini akan berisikan tentang data para kepala keluarga yang ada di Desa Mandomai. Data ini akan di kelompokkan berdasarkan sesuai di RT mana warga tersebut tinggal.  Tabel kepala keluarga ini memiliki field-field seperti berikut :

a.       No. Kartu Keluarga (Primary Key)

b.      NIK atau Nomor Induk Kependudukan

c.       Nama-Nama Kepala Kepala Keluarga

 

7)      Tabel Warga Desa

Tabel ini akan memuat nama-nama warga desa yang akan dikelompokkan sesuai di RT mana warga tersebut tinggal. Tabel warga desa ini memiliki field-filed seperti berikut :

a)      NIK atau Nomor Induk Kependudukan (Primary Key)

b)      No. Kartu Keluarga

c)      Nama Kepala Keluarga

d)     Nama

e)      Tempat & Tanggal Lahir

f)       Agama

g)      Alamat

h)      Pekerjaan

i)        No. Handphone (jika ada)

j)        e-mail (jika ada)


No comments:

Post a Comment