Popular Posts

Thursday, January 22, 2015

Makalah Negara India Sispemda




MAKALAH NEGARA INDIA
Perbandingan Pemerintahan Daerah
Dosen Pengajar : Dra. Sandra B. Mafriana , M.Si








Penyusun

Muhammad Ridhoni : D1B112026









PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKUTAT
BANJARMASIN 2014/2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nyalah kami dapat menyelesaikan penyusunan Makalah ini . Sholawat dan salam tak lupa kami haturkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, kerabat, dan pengikut beliau hingga akhir zaman.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dra. Sandra B. Mafriana , M.Si selaku dosen pengajar mata kuliah Perbandingan Pemerintahan Daerah, kepada orang tua yang senantiasa selalu memberikan dukungan dan doa kepada kami, dan kepada kakak-kakak tingkat serta rekan-rekan yang telah banyak memberikan masukan guna penyempurnaan Makalah ini.
   Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Makalah ini tidak terlepas dari kesalahan dan sangat jauh dari sempurna. Oleh sebab itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi sempurnanya Makalah ini.
   Saya   berharap semoga Makalah ini dapat digunakan sebagaimana mestinya dan bisa memberikan manfaat bagi kita semua.  Semoga Allah SWT mencurahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita. Amin ya rabbal alamin.


Banjarmasin, 7 Januari 2015


                                                                                      Penyusun














BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Membangun suatu sistem pemerintan bukanlah suatu hal yang mudah. Membangun ini kita harus melihat sistem pemerintahan Negara lain. Sistem pemerintahan suatu negara dapat menjadi sumber cerminan bagi Negara lain. Salah satu kegunaan penting sistem pemerintahan suatu negara adalah menjadi bahan perbandingan bagi negara lain. Jadi, negara-negara lainpun dapat mencari dan menemukan beberapa persamaan dan perbedaan antara sistem pemerintahannya.
Selain itu juga dengan membandingkan ini dapat mengambil sisi positif dari suatu Negara tersebut sehingga dapat dipertimbangkan untuk menerapkan dinegara sendiri. Sedangkan sisi negative dari Negara lain dapat menjadi cerminan kegagalan agar bisa memahami dan supaya tidak tejadi di Negara sendiri.
Pada makalah kali ini akan membahas sistem desentralisasi Negara india. Negara india merupakan Negara yang sedang berkembang dan memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Negara india ini merupakan gambaran yang hampir serupa dengan Negara Indonesia. Dengan mengetahui dan memahami makalah ini dapat mencari desentralisasi Negara india tersebut.

B.     Rumusan masalah
“Bagaimana Kondisi dan desentralisasi Negara India ?”


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Profil Singkat Negara India
India adalah sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa, dan adalah negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis dengan luas wilayah 3.287.590 km². Negara yang berbatasan langsung dengan India adalah Bangladesh, Nepal dan Pakistan. Negara India sendiri dibagi menjadi 28 negara bagian (yang kemudian dibagi kepada distrik), 6 Wilayah Persatuan (Union Territory) dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Territory) Delhi.
Negara bagian dan wilayah India:
Wilayah persatuan terdiri dari:
Lalu lintas dan Transportasi India
                 Selama ini India dikenal sebagai kota yang tidak tertata rapi, jorok, bau, miskin, lalu lintas yang ruwet, dan parahnya: kotoran sapi di mana-mana. Dalam sebuah buku Keliling India dalam 8 Hari menceritakan ketika melewati jalanan di Kolkata, India.Kondisi lalu lintasnya membuat penulis yang melancong ke India pada 2010 itu pusing tujuh keliling. Semua pengendara bus, mobil, sepeda motor, rickshaw, maupun sepeda, kompak melanggar rambu lalu lintas. Tak satu pun yang sadar akan hukum dan aturan. Semua juga tampak tidak peduli dengan kendaraan masing-masing, walaupun salah jalur dan arah. Mobil polisi bobrok model jip berikut dengan Inspektur Veejay berseliweran di jalanan.Ditambah lagi dengan bajaj dan bus warna-warni. Di sana, juga tak aneh jika melihat pemandangan para gelandangan yang tidur di pinggiran jalan. Sedangkan orang-orang di sekitarnya berseliweran dengan tak acuh, seolah mereka tiada.
            Salah satu transportasi yang unik di India adalah rickshaw semacam kendaraan yang ditarik orang.Para penarik rickshaw berjalan atau berlari menarik penumpang dan barang bawaan mereka yang beratnya bisa dua kali lipat dari bobot tubuh mereka sendiri.

Kota New Dehli merupakan kota terpolusi
Hasil penelitian organisasi kesehatan dunia (WHO) yang dipublikasikan Rabu (7/4/2014) menemukan bahwa New Dehli sebagai kota dengan kualitas udara paling buruk di dunia. Studi yang digelar di 1600 kota di dunia itu secara umum menunjukkan bahwa polusi udara di dunia terus memburuk sejak studi serupa pada 2011. Sebelumnya WHO mengatakan bahwa polusi udara menyebabkan 7 juta orang di dunia pada 2012, karena bisa menyebabkan sejumlah penyakit seperti kanker, penyakit jantung, penyakit pernafasan, dan stroke. Tidak hanya Ibu Kota New Delhi, 12 kota India lainnya juga masuk dalam daftar 20 kota dengan udara paling kotor di dunia. Bersama New Delhi, kota Patna, Gwalior, dan Raipur bahkan berada dalam daftar empat kota dengan udara paling buruk di dunia. Menurut hitungan WHO, setiap tahunnya di New Delhi ditemukan rata-rata 153 mikrogram partikel PM2.5 per meter kubik udara.

Tingkat Pengangguran di India


India Buruh
Terakhir
Sebelum Ini
Tertinggi
Paling Rendah
Satuan

5.20
6.30
9.40
5.20
Persen
29650.00
28999.00
29650.00
17491.00
Ribu
44.79
40.17
44.79
5.10
Juta
1233.00
1217.00
1233.00
359.00
Juta
60.00
60.00
60.00
60.00

60.00
60.00
60.00
60.00

50.90
52.90
52.90
50.90
Persen
4.83
5.07
5.47
3.12
INR
6.25
6.55
6.97
3.92
INR
18.10

18.10
18.10
Persen
Data di ambil pada tahun 2014.
Bengaluru kota terindah di India
            Sebelumnya nama kota ini adalah Bangalore penggantian nama terjadi karena nama Bangalore merupakan sebutan Inggris pada saat menjajah sehingga mereka mengajukan proposal penggantian nama ke pemerintah india dan di setujui.
Berbeda dari kota-kota lainnya yang terdapat di India. Kota yang terletak di bagian selatan dan juga dikenal sebagai kota hijau atau Garden City  of India , Paradise, Prisoner. Kota ini memang memiliki spot-spot taman hampir di setiap sudut kotanya.Kita juga dapat menemui hutan lindung yang tepat berada di tengah kota. Bangalore sendiri selain mendapat julukan Garden City, juga mendapat julukan IT City karena perusahaan IT terbesar di India ada di sini.Untuk tempat wisata, Kota Bangalore sendiri menawarkan beberapa tempat yang layak anda singgahi seperti Mysore yang konon menyuguhkan atraksi seni rangkaian lampunya.Kemudian ada juga Kabini yang terletak tepat di pinggir Sungai Nagarhole.
Kota ini juga menjadi pusat IT di India bahkan Asia.Perusahaan multinasional seperti Google dan Yahoo pun berpusat di sini. Hal tersebut menjadikan Bangalore menyandang julukan lain, 'Silicon Valley of India'.
Berkeliling kota ini jadi agenda menyenangkan. Meski macet di beberapa tempat, rimbun pepohonan membuat sejuk suasana.Satu hal yang membuatnya mirip Eropa adalah banyaknya burung yang terbang di angkasa.Langitnya bersih dan minim polusi, meski kemacetan kerap terjadi di beberapa tempat.
Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sini.Mulai dari gedung bergaya Victoria yakni Vidhana Soudha (Legislative House of the State of Karnataka), Bangalore Palace, juga Tipu Sultan's Palace.Ada pula Bull Temple, tempat berdirinya patung sapi jantan yang konon terus tumbuh.
Bangunan ala Eropa lainnya yakni Old Library yang letaknya berseberangan dengan taman kota. Ada pula beberapa gereja seperti Holy Trinity Church, St Mary's Basilica, dan St Francis Xavier's Cathedral.Salah satu hotel di Bangalore, ITC Windsor bahkan menempati gedung peninggalan Inggris yang sangat cantik.
Bangalore memang mirip dengan kota-kota di Eropa.Namun tetap saja, banyak hal yang mengingatkan bahwa kota ini berada di India. Salah satunya adalah sapi yang berkeliaran.Ya, hewan yang disucikan di India itu seringkali berteduh di trotoar atau jalan ke sembarang arah.

Arti Sebuah Toilet di India
Kala fajar menyingsing, penduduk sebuah kawasan kumuh di New Delhi ke luar rumah, menuju rel kereta api, untuk melakukan sesuatu yang biasanya hanya dilakukan di tempat paling privat: buang hajat. Satu demi satu, mereka datang dengan menenteng botol berisi air. Beberapa mencoba untuk bersembunyi, lainnya cuek. Gemuruh kereta api yang mendekat, klakson yang dibunyikan, memperingatkan mereka yang berjongkok massal menyingkir. Sistem kereta api India, yang membawa 11 juta penumpang setiap harinya adalah kehidupan di negara itu, dalam arti sesungguhnya.
Namun, seorang pejabat pemerintah menyebutnya sesuatu yang lain. Sebuah perumpamaan yang jujur."Rel kereta api di India adalah toilet terbuka terbesar di dunia," kata Jairam Ramesh, Menteri Pembangunan Pedesaan, pada peluncuran bio-toilet baru-baru ini."Hampir 60 persen orang yang buang hajat di tempat terbuka ada di India.Kita seharusnya malu dengan ini." Tak ada toilet di sini. pria dan wanita saling berdekatan, ini kondisi yang sungguh sulit.sebuah pemukiman padat yang dihuni 3.000 orang, hanya beberapa menit dari Commonwealth Games Stadium yang megah dan deretan hotel bintang lima yang menjulang angkuh. Sebuah ironi di India, dan banyak negara berkembang lain di dunia.

Menenteng ponsel, tak punya toilet
Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), tempat terbuka menjadi toilet bagi sekitar 625 juta penduduk dunia. Sementara sensus pemerintah terbaru menunjukkan, setengah dari rumah tangga di India tidak punya toilet, tapi kebanyakan orang memiliki telepon genggam. Sebanyak 53.2% penduduk India punya ponsel, berbanding 46.9% yang punya akses ke toilet layak. "Dari 7.935 kota di India, hanya 162 memiliki fasilitas pengolahan limbah," kata Bindeshwar Pathak, pendiri Sulabh International - sebuah LSM yang bekerja untuk menyediakan toilet ramah lingkungan berbiaya rendah untuk kaum miskin India selama lebih dari 40 tahun.
Kini, Pathak punya inovasi dan solusi sederhana yang bisa membantu transformasi kehidupan jutaan orang India.Namanya, Sulabh Shauchalya atau toilet Sulabh, yang berbasis pada dua lubang, untuk satu jamban.Satu lubang untuk menampung kotoran, lainnya untuk komposting.Lubang tidak memakai beton agar tanah alami mengubah kotoran menjadi pupuk. Biaya pembuatannya relatif murah, sekitar US$15 atau kurang dari Rp150.000. Hanya perlu seliter air untuk menyiramnya, sementara jamban biasa perlu 7-10 liter air.Sulabh International telah membangun setidaknya 1,2 juta jamban rumah tangga dan 8.000 toilet umum di seluruh India. Pathak mengatakan, pemerintah India telah membuat 50 juta toilet dengan konsep dua lubang itu. Teknologi yang sama juga diterapkan untuk 14 negara-negara lain di Afrika.Sementara di sebuah desa di Mewat, distrik Haryana, hanya 100 kilometer dari New Delhi, Sulabh telah membangun toilet dua lubang untuk setiap rumah tangga. "Sebelumnya kami pergi ke hutan untuk buang hajat dan terbiasa jadi santapan nyamuk dan lalat, lalu jatuh sakit.Sejak ada toilet, semuanya berubah, desa lebih bersih dan lebih baik," kata Shakuntala, salah satu warga.Ini yang membuat warga desa luar biasa bangga.Mereka menjaga toilet di rumah mereka bersih dan merasa hidup jauh lebih maju."Telepon genggam memang berguna, tapi punya toilet membuatku lebih bermartabat, aku memang hanya punya satu ponsel, tapi toiletku ada dua," kata Shakuntala, bangga.
Realitas India
Masyarakat India tetap terpisah lewat hierarki yang ketat.  sistem kasta secara resmi sudah dihapus, seiring diberlakukkannya konstitusi dari tahun 1950 tapi di kawasan pedesaan sistem kasta yang diskriminatif itu masih tetap diterapkan. Masyarakat India pasca tahun 1990-an memang diakui makin toleran dan terbuka, seiring kemajuan ekonomi dan pendidikan tapi perbedaan kelas tetap eksis. mayoritas warga India bermpimpi untuk jadi terkenal dan kaya raya. lebih dari dua pertiga dari 1,2 milyar penduduk India, sesuai data sensus tahun 2011, bermukim di pedesaan. Sekitar 90 persen perkawinan diatur dan ditentukan oleh keluarga, jadi tidak bebas berdasar cinta. Tidak mengherankan jika bintang film kenamaan Shah Rukh Khan dan Saif Ali Khan yang beragama Islam, dijadikan idola, karena dalam kehidupan nyata, mereka menikah dengan wanita beragama Hindu.
Mengenal Sungai Gangga di India
Sungai Gangga yang disucikan dan menjadi legendaris di dunia, banyak hal yang tidak bisa dipercaya dimana di sungai suci Gangga yang sering dijadikan tempat mandi, mensucikan diri bahkan airnya untuk diminum terdapat banyak bangkai hewan bahkan mayat manusia mengapung diatasnya.  Sungai Gangga dijadikan bukan hanya untuk kepentingan ritual melainkan untuk kebutuhan sehari hari mayarakat.
Ketika berada ketepian sungai Gangga dan Yamuna, akan melihat sendiri air sangat keruh, apalagi sedang banjir. Keruh bukan akibat erosi tanah, tapi juga karena abu hasil pembakaran jenasah yang dihanyutkan. bangkai-bangkai manusiapun kita temukan di sana.
Umat Hindu di India, terutama yang bertempat tinggal disekitar sungai Gangga dan Yamuna, mereka yang mampu, dapat malakukan pembakaran mayat dengan sempurna. Tetapi bagi mereka yang tidak mampu, membakar mayat hanya sampai habis kayu api yang dapat disediakan. Sedangkan tulang-tulang yang belum menjadi abu, dibuang begitu saja ke sungai tersebut. Malahan pada saat terjadinya wabah, yang banyak menimbulkan kematian, sehingga tidak mungkin mampu membakarnya, maka mayat-mayat itu dihanyutkan begitu saja ke Sungai Gangga ataupun Sungai Yamuna.Pada saat seperti inilah, pemandangan di Sungai Gangga, yang penuh dengan bangkai bergelimpangan..“Mengapa tidak menguburkannya saja, dari pada mayat-mayat itu dihanyutkan ke sungai?”Karena kepercayaan yang sangat dalamlah, mereka memilih menghanyutkan dari pada menguburkannya.Air Sungai Gangga tetap suci, walaupun dikotori dengan bangkai.Kesuciannya laksana bunga teratai yang tumbuh di kolam berlumpur.Walaupun airnya keruh tetapi teratai itu tetap berbunga cemerlang tak ternodai Lumpur sedikit pun. Banyak ilmuan peneliti mengemukakan bahwa suatu mineral yang tak dikenal, yang terkandung oleh air sungai Gangga, bisa membunuh kuman-kuman.



8 Keunikan Yang Terjadi Saat Menonton Bioskop di India


http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384803889.jpg

Dalam dunia perfilman, tentu nama Bolywood tidak asing lagi, yang perlu diperhitungkan karena produktivitas dan pengaruhnya pada perfilman negara-negara lain.
Film India umumnya menyajikan film dalam durasi lama dan diisi dengan banyak tarian dan lagu khas India di dalam filmnya. Tapi ternyata ada hal yang unik di luar dari film tersebut, yaitu bioskop dan para penontonnya di India.Apa saja itu?
  1. Iklan Anti Rokok
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384803999.jpg
Hampir di setiap pembukaan film, pihak bioskop selalu menyertakan iklan anti rokok, di mana video tersebut menyajikan gambar mengerikan tentang organ tubuh manusia yang sudah rusak akibat merokok
  1. Menyanyikan Lagu Kebangsaan
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804039.jpg
Sebelum memutar filmnya, bioskop akan memutar lagu kebangsaan India, di mana banyak penonton yang akan berdiri saat menyanyikannya, dan sering menyertakan tulisan besar "mohon berdiri saat menyanyikan lagu kebangsaan" di layar bioskop.
  1. Anggap Rumahmu Sendiri
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804094.jpg
Penonton akan duduk tenang, berbeda di India. Penonton India bakal santai berjalan ke sana kemari. Tidak akan ada yang protes, dan tidak akan ada penonton yang sungkan berjalan-jalan seperti itu. Rasanya seperti menonton film di rumah sendiri.
  1. Ngobrol di Dalam Bioskop
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804164.jpg
Beberapa penonton tidak ragu menceritakan keseharian mereka kepada penonton di samping kanan dan kirinya.Bahkan, suara mereka saat bercerita kadang lebih lantang dari pada suara dubbing dalam film.
  1. Waktu Istirahat
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804210.jpgDurasi film India yang sangat panjang membuat setiap film memiliki waktu istirahat, yang biasa digunakan penonton untuk ke kamar kecil atau membeli makanan ringan. Bahkan, kadang sang penjual masuk ke bioskop untuk menjajakan dagangannya di dalam gedung bioskop.
  1. Antrian Super Panjang
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804258.jpg
Di Indonesia, antrian panjang hanya terjadi kalau ada film populer saja. Tapi di India, budaya menonton film sudah mendarah daging sehingga antrian panjang selalu terjadi.
  1. Rekor Tayang Terpanjang
http://images.modifikasi.com/2013/11/18/176172_1384804292.jpg
Rekor film terpanjang pernah dicapai oleh film Dilwale Dulhaniya Le Jayenge (2005) yang diputar selama 500 pekan di sebuah bioskop Mumbai.
  1. Sangat Ekspresif
Di India, merupakan hal yang biasa untuk berteriak, berdiri, melempar convetty atau kuntum bunga saat melampiaskan kegembiraannya.
Pelayanan Publik di Negara India
a. Ekonomi
India memiliki ekonomi yang berada dalam urutan ke-10 dalam konversi mata uang dan ke-4 terbesar dalam PPP. Dia memiliki rekor ekonomi dengan pertumbuhan tercepat sekitar 8% pada 2003. Dikarenakan populasinya yang besar, namun pendapatan per kapita India berdasarkan PPP hanya AS$3.262, berada di urutan ke-125 oleh Bank Dunia. Cadangan pertukaran asing India sekitar AS$143 miliar. Mumbai merupakan ibu kota finansial negara ini dan juga merupakan rumah dari Reserve Bank of India dan Bursa Efek Mumbai. Meskipun seperempat dari penduduk India masih hidup di bawah garis kemiskinan, jumlah kelas menengah yang besar telah muncul karena cepatnya pertumbuhan dalam industri teknologi informasi.
Ekonomi India dulunya banyak tergantung dari pertanian, namun sekarang ini hanya menyumbang kurang dari 25% dari PDB. Industri penting lainnya termasuk pertambangan, petroleum, pengasahan berlian, film, tekstil, teknologi informasi, dan kerajinan tangan. Kebanyakan daerah industri India berpusat di kota-kota utamanya. Tahun-tahun belakangan ini, India telah muncul sebagai salah satu pemain terbesar dalam perangkat lunak dan business process outsourcing, dengan pendapatan sekitar AS$17,2 miliar pada 2004-2005. Dan ada juga banyak industri skala kecil yang meyediakan lapangan kerja yang stabil bagi penduduk di kota kecil dan pedesaan.
Meskipun India hanya menerima sekitar tiga juta pengunjung asing setiap tahun, pariwisata tetap penting tapi masih sumber pendapatan nasional yang belum berkembang. Pariwisata menyumbangkan 5,3 persen dari PDB India. Partner perdagangan utama India termasuk Amerika Serikat, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok dan Uni Emirat Arab.
Ekspor utama India termasuk produk pertanian, tekstil, batu berharga dan perhiasan, jasa perangkat lunak dan teknologi, hasil teknik, kimia, dan hasil kulit sedangkan komoditas impornya adalah minyak mentah, mesin, batu berharga, pupuk, kimia. Pada tahun 2004, total ekspor India berjumlah AS$69,18 miliar sedangkan impor sekitar AS$89,33 miliar.
b.    Kesehatan
India memiliki salah satu tingkat terendah dari pengeluaran publik pada perawatan kesehatan di dunia. Sementara itu pemerintah India berturut-turut telah mensubsidi sektor swasta dengan keringanan pajak dan melepaskan tanah bangunan utama di tingkat rendah, berpendapat para penulis.
Pasien dari negara-negara barat seperti Inggris dan Amerika Serikat telah memanfaatkan operasi cepat dan murah - dari prosedur rutin untuk bypass jantung - yang disediakan oleh industri kesehatan tumbuh swasta India. Namun dalam pelayanan kesehatan masyarakat banyak obat dan tes diagnostik tetap tidak tersedia. Bahkan ada laporan tentang pasien rumah sakit harus membayar suap untuk mendapatkan sprei bersih. Akibatnya India akan berusaha keras untuk membayar perawatan pribadi. Dua perlima dari pasien rawat inap rumah sakit harus meminjam uang atau menjual aset untuk membiayai pengobatan. Dan seperempat dari para petani telah didorong di bawah garis kemiskinan untuk mendanai perawatan medis mereka.
Obat perusahaan dan bisnis besar lainnya kini mulai mendominasi sektor kesehatan swasta, dengan bintang lima rumah sakit yang menyediakan layanan yang "asing hanya dan India terkaya mampu". Tapi ini adalah "sebagian besar tidak diatur, tanpa standarisasi kualitas atau biaya", memperingatkan para penulis.
Pemerintah India saat ini bertujuan untuk menciptakan skema asuransi untuk keluarga miskin dan meningkatkan pengeluaran kesehatan. Namun pangsa PDB digunakan untuk kesehatan telah menurun dalam dua tahun terakhir.

c.    Pendidikan
Para pendidik di India harus memiliki hubungan dengan pendidikan dan modernisasi, ilmu-ilmu social serta perilaku yang digunakan belum efektif. Jawaharlal Nehru menyatakan bahwa seluruh dasar pendidikan harus diubah secara revolusioner (perubahan yang cepat).
1.   Tujuan Pendidikan
a.      Untuk memberantas buta huruf
b.      Untuk meningkatkan mobilitas dan integrasi social
c.      Untuk memajukan dan mengembangkan ilmu dan teknologi
2.   Kondisi Pendidikan di India
Meski 1/3 penduduknya miskin, di India kesempatan kuliah dari S1, S2 dan S3 amat mudah karena pemerintah memberikan subsidi yang besar bagi warganya sehingga biaya pendidikan terjangkau. Makanya tidak aneh, di India lulusan master terutama bidang teknik dan IT jumlahnya pulahan ribu tiap tahunnya. Begitupula mudah ditemukan pula orang yang menyandang gelar Doktor.
Meski bangunan kampus kampus India sederhana dan biayanya terjangkau, uniknya pembelajarannya menggunakan bahasa Inggeris dengan kurikulum standard Internasional terutama mengacu ke sistem Inggeris.Namun, terkadang metode pembelajaran amat ‘jadul’ karena pembelajaran tidak inovatif.Contoh kecil, setiap tugas harus ditulis tangan, begitu pula masih banyak kelas-kelas menggunakan kapur tulis dan penggunaan media masih jarang meski peralatan tersedia. Perkuliahan amat padat, Keunikan dalam ujian dI India kita harus terbiasa menjawab soal ujian panjang lebar tergantung berapa bobot nilai setiap soalnya. Ada hal unik setiap mahasiswa diberikan satu buku jawaban soal yang berisi 36 halaman.Padahal soal hanya 5 soal tentang pengertian/konsep dasar, 5 soal uraian dan 1 soal studi kasus yang harus diselesaikan 2 jam.
3.       Kebijakan Pendidikan di India
India memiliki komitmen untuk menyebarluaskan pengetahuan dan kebebasan berfikir di kalangan penduduk yang direfleksikan pada kebijakan dalam undang-undangnya, yaitu pasal 45 dinyatakan bahwa Negara berupaya menyediakan pendidikan secara gratis selama 10 tahun, dan bagi anak-anak hingga mereka berusia 14 tahun. Sedangkan pasal 29 ayat 1 menyatakan bahwa warga Negara yang memiliki ragam Bahasa dan tulisan mendapatkan perlakuan khusus dalam bidang ekonomi
Sejak 1976, pemerintah pusat telah menetapkan untuk bertanggung jawab dalam pembiayaan serta mengatur pendidikan dasar hingga menengah, dan mengadakan koordinasi dengan dengan program pendidikan tinggi. Pemerintah juga memberikan kesempatan yang sama dalam pendidikan umum.
4.       Sistem Pendidikan di India
Pendidikan di India saat ini menggunakan pola dan substansi yang di adobsi dari Negara barat, dimana pertama kali di perkenalkan oleh Negara Inggris pada abad ke-19. Komisi pendidikan India telah menetapkan kebijakan sistem pendidikan 10-2-3 untuk usia sekolah, . Tingkat awal 10 tahun terbagi dalam 3 jenjang, yaitu primari(5 tahun), upper primary (3 tahun), dan secondary (2 tahun).
Struktur pendidikan sekolah yang seragam tersebut telah di adobsi oleh seluruh Negara bagian dan teritori India. Walaupun demikian, dilingkungan dan teritori India masih dijumpai sejumlah kelas yang menyelenggarakan pendidikan dasar (primary      ), menengah (upper primary), dan (high and higher secondary school).
Pendidikan jurusan, baik teknik maupun bisnis menetapkan pola pendidikan Ghandi, yaitu pembentukan manusia yang berkepribadian utuh, kreatif dan produktif. Pada tahun 1960-1992 kemajuan minat siswa pada sekolah kejuruan sangat kecil hanya mencapai 6%. Baru pada 1995 terjadi lonjakn yang signifikan, mencapai 25% dari keseluruhan siswa yang mengikuti pendidikan tinggi mengambil jurusan ini.
Mengenai pendidikan Islam, stukturnya dilakukan berjenjang pada tingkat rendah (tahtania) dilakukan selama 3 tahun, (watsania) menengah dilakukan selama 4 tahun, atau tingkat atas (fauqania) dilakukan selama 2 tahun. Kemudian jenjang maulvi selama 2 tahun, , ‘alim selama 2 tahun.
Salah satu madrasah yang terkenal sebagai jamiatul banaat yang terletak di Hyderabat, bagian selatan India, memberikan pendidikan khusus untuk perempuan di India dengan materi pembelajaran Bahasa arab, sasrta arab, Al-quran, tafsir, hadist, dan fikih. Disamping itu juga memberikan pendidikan kerumah-tanggaan seperti perawatan anak, menjahit, dan memasak.
5.  Manajemen Pendidikan
a. Otorita
sistem pendidikan ini dingaruhi oleh Mahatma Ghandi yang memiliki gagasan untuk membentuk “kepribadian yang utuh, kreatif dan produktif”. Departemen yang menanggani masalah pendidikan adalah Departemen Pendidikan dan Kesejahteraan (1966). Pemerintah memutusakan bahwa kebijakan pendidikan diambil berdasarkan ketentuan parlemen federal, sedangkan pemerintah hanya bertindak sebagai pelaksana. Ide ini muncul berdasarkan usul dari Depertemen Pengembangan SDM.
Pada tahun 1990, India membentuk komite modifikasi kecil yang bekerja selama 2 tahun untuk merevisi program jangka panjang dalam pendidikan
b. Pendanaan
Sejak tahun 1976, pemerintah pusat telah menetapkan bertanggungjawab atas pembiayaan dan pengaturan standar pendidikan atas sampai menengah dan koordinasi dengan program pendidikan tinggi.
c. Kurikulum dan Metodologi Pengajaran
Struktur dan kurikulum pendidikan di India secara esensial dipengaruhi oleh sistem pendidikan Inggris karena latar belakang penjajahan. Namun setelah merdeka, upaya pendidikan ditekankan pada ekspansi yang cepat dibangdingkan dengan reformasi menyeluruh. Maka konstitusi yang berlaku pada tahun 1950 selanjutnya menegaskan prinsip bahwa pendidikan merupakan penyampaian materi, karena itu berada dibawah kebijakan pemerintah sedangkan tugas menteri pendidikannya adalah membantu pemerintah melalui penyediaan bimbingan dan dana.
Pasal dalam konstitusi India menyatakan perlindungan hak bagi lembaga swasta untuk menyelenggarakan pendidikan dan menerima bantuan dari pemeriah serta menyediakan standar tertentu yang harus dipenuhi oleh lembaga tersebut.
Sedangkan bidang spesialisasi di jenjang pendidikan tinggi terkait dengan disiplin ilmu tradisional seperti sejarah, sastra inggris dan ilmu politik. Ketika seorang mahasiswa telah memilih jurusan tertentu, ia tidak dapat mengubah spesialisasinya.
6.      Perkembangan pendidikan di India
Kualitas pendidikan di India mampu bersaing di dunia internasional tidak muncul dengan atiba-tiba. Ada beberapa hal yang menjadi faktor pendorong kemajuan dan perkembangan pendidikan di India, di antaranya yaitu:
Pertama, universitas-universitas modern di India sudah berdiri sejak 1857 dan mapan. Sebagian kampus yang terkenal di India sudah berdiri sejak masa penjajahan inggris. Dengan usia yang cukup lama tersebut, mereka sudah cukup mempunyai pengalaman dan matang dalam sistem pengelolaan dan upaya untuk meningkatkan kualitas SDM di India.
Kedua, pengunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pengantar di lembaga-lembaga pendidikan dan lembaga pemerintahan  di India, dengan menggunakan Bahasa Inggris, mahasiswa di India tidak lagi mempunyai masalah untuk mendapatkan berbagai ilmu dari semua perspektif dan pendekatan dengan jumlah referensi yang sangat banyak.
Ketiga, dosen India minimal sudah menyelesaikan pendidikan doctor (S-3), bahkan tidak sedikit dari mereka yang menyelesaikan S-2 dan S-3 beberapa kali. Oleh karena itu tidak jarang kita menemukan dosen dengan gelar ganda, seperti Dr.Gurusami,M.,Sc.,M.E.D,.Ph.D. Keempat, India mengembangkan berbagai kampus yang fokus pada satu bidang ilmu tertentu yang kemudian menjadi kekuatan pilar pendidikan di India, yang alumninya berkualitas dan tidak diragukan lagi di dunia Internasional.
Bahkan karena banyaknya pasar Internasional terhadap alumni India, pemerintah India sudah mulai membangun upaya kerjasama dengan perusahaan-perusahaan asing untuk membangun kampus sendiri di india.


Fakta Menarik Tentang India
India merupakan salah satu tujuan belajar yang cukup populer bagi mahasiswa asing, terutama dalam lima tahun terakhir ini. Selain biaya pendidikan dan biaya hidup yang relatif lebih murah dibandingkan negara-negara seperti Singapura, Jepang, dan Malaysia; India juga dikenal sebagai negara Asia dengan pusat perkembangan teknologi informasi terbesar di Asia.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghGeB4JGmuc0PyZZodbP-0hyphenhyphenptjHr_6btHwfuglp3I7Qnz8hnnprq_x4j5fKoErC7S8luSdlpTZ200RJqaDl-4GCl2-U8IGe1W0-oyvQXKEhqHuv4FD2DdtUn-tBew_HCqdMhL-kSdJpo/s1600/india.png


fakta unik tentang India. Beberapa fakta ini bisa membuatmu terkejut, namun kami yakin beberapa akan membuatmu jauh lebih tertarik untuk menuntut ilmu di negara ini. Langsung saja, berikut faktanya:

1. Dengan jumlah penduduk mencapai 1.2 juta milyar, India merupakan negara demokrasi terbesar di dunia.

2. India merupakan negara kedua dengan jumlah penduduk terbanyak, di bawah Cina yang memiliki sekitar 1,3 juta milyar penduduk.

3. Merupakan salah satu tempat dengan tingkat aborsi tertinggi di dunia.

4. Ada lebih dari satu juta warga India yang berstatus sebagai bilyuner.

5. Walaupun demikian, kesenjangan ekonomi antara orang kaya dan miskin di negara ini sangatlah mencolok. Sekitar 35% penduduk India (sekitar 420 juta jiwa) hidup di bawah garis kemiskinan.

6. India adalah negara yang cinta damai. Negara ini tidak pernah menyerang atau mencoba menaklukkan negara lain.

7. Di India, ada sebuah agama bernama Zoroaster. Pengikut agama ini tidak mengubur atau membakar jasad orang mati, namun meletakannya di atas puncak bukit dan membiarkan burung serta hewan liar memakan jasad tersebut. Hal ini bertujuan untuk tidak merusak alam dan memberikan manfaat sebanyak-banyaknya untuk makhluk hidup lain.

8. India merupakan negara dengan jumlah pembunuhan terbanyak di dunia, dengan sekitar 32 ribu kasus pembunuhan terjadi setiap tahunnya. Tempat kedua diduduki oleh Rusia.

9. Kita bisa menyaksikan banyak sapi berkeliaran dengan bebas di jalan-jalan India. Menurut agama Hindu, sapi adalah perlambang salah satu dewa yang tidak boleh disembelih.

10. Oleh karena itu, wajar jika di India sangat jarang terdapat makanan yang terbuat dari daging sapi. Makanan seperti hamburger dan pizza kebanyakan mengganti menu sapi dengan daging ayam.

11. Di India, nyaris tidak ada papan reklame. Papan tanda pengenal sebuah toko biasanya langsung digambar / ditulis di tembok bangunan tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJ8RJ5O8fzq3JwUyysh5iE16lEZGMWrMxR1XWksAl9W5hvuMaF0llnT-SG0K00lnlkGn9aHso8t8wmJmREBNhtGyPHRuwzrhMvcc8B02bCg3lIOYIv2jeAYnKTRDvbTOFMfFhenFMJSlA/s1600/promo.jpg

12. India adalah salah satu negara yang paling berkembang dalam seni tari. Ini karena seni tari masuk ke hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, bahkan digunakan sebagai salah satu ritual dalam perayaan berbagai hari besar keagamaan.

13. Ada sebuah festival bernama "Holi" atau "Festival Cahaya". Dalam acara ini, masyarakat turun ke jalan, bermain dengan bubuk cat, dan melumuri tubuh mereka dengan berbagai warna-warna cerah.

14. Sebagian besar wanita India tidak akan mengucapkan nama suaminya keras-keras, karena hal itu bisa dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan.

15. Negara ini merupakan tempat lahirnya permainan catur. Berasal dari bahasa Sansekerta, "Chaturanga", permainan ini ditemukan sejak zaman kuno.

16. Seorang janda dianggap sebagai pembawa kesialan di masyarakat pedesaan India. Mereka dianggap sebagai sosok yang memangsa jiwa suaminya.
17. India merupakan tempat pertama di mana kapuk dipintal dan dijadikan sebagai bahan pakaian.

18. Ada sebuah ritual yang cukup mengerikan di India, di mana seorang istri yang ditinggal mati oleh suaminya akan membakar dirinya hidup-hidup. Ritual ini dikenal dengan nama "suttees".

19. India merupakan negara dengan sistem administrasi dan birokrasi terburuk di Asia. Untuk mengurus sebuah dokumen simpel seperti pendaftaran rekening bank, kita mungkin harus menunggu selama berjam-jam, bahkan berhari-hari.

20. Pemerintah negara ini memberikan beasiswa penuh bagi rakyat dari golongan kasta rendah. Mereka yang kebanyakan berasal dari desa bebas biaya kuliah, diberi tempat tinggal di asrama kampus dengan fasilitas makan tiga kali sehari tanpa perlu membayar sepeser pun.

21. Di India, sangat wajar bagi seseorang untuk memiliki lebih dari satu gelar S-2.Ini karena biaya pendidikan yang murah, waktu studi yang relatif singkat, dan bantuan dari pemerintah yang berlimpah.

22. Negara ini memiliki lebih dari 150 ribu kantor pos dan merupakan salah satu negara dengan sistem jaringan pos terbesar di dunia.

23. Walaupun demikian, sistem pos di negara ini belum berjalan dengan baik. Terkadang sebuah surat perlu waktu berminggu-minggu untuk sampai ke tujuan yang hanya berjarak 40 kilometer.

24. Harimau Bengal adalah satwa khas kebanggaan negara ini yang sekarang terancam punah.

25. Memegang telinga orang lain di India dianggap sebagai salah satu bentuk penghormatan.

26. Negara ini merupakan pusat perkembangan teknologi informasi di Asia. Salah satu kota di India, Bangelore, disebut Silicon Valley of India karena banyaknya perusahaan IT internasional yang berkantor di sana.

27. Selain Bangelore, Hyderabad juga merupakan salah satu pusat IT terbesar di Asia. Kota ini bahkan dijuluki dengan nama "Cyberabad."

28. Hindu merupakan agama terbesar di India. 80% penduduk negara ini beragama Hindu.

29. India merupakan negara Islam ketiga terbesar di dunia setelah Indonesia dan Pakistan.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhi7VnfPyCxOZjHRlC7rdGXwMDSotYuAQjIZLE0emNuDved2jCBNtaR7LCl67IGc8vlukFsokrM67REYMVcWbx_yQs9ePHF9wPkYAYtaSYeKnVPw4k5WuB7m1JnGDmcvtZF4JpkmioJQMI/s1600/taj+mahal.jpg

30. Mumbai merupakan kota industri film terbesar di dunia, bahkan secara kuantitas menghasilkan lebih banyak film dari Hollywood. Industri film di India dikenal dengan nama Bollywood.

31. Selain Bollywood, ada juga berbagai industri film lokal, seperti Tollywood (terletak di Andhra Pradesh, berbahasa Telugu) dan Kollywood (berbahasa Tamil).

32. India merupakan asal dari banyak agama besar di dunia, seperti Hindu, Budha, Jain, dan Sikh.

33. Mumbai dijuluki sebagai "Kota Mimpi" karena banyak pemuda dan pemudi negara ini yang datang ke Bollywood dengan mimpi menjadi bintang film terkenal.

34. Inggris menjajah India selama kurang lebih 89 tahun. Walaupun demikian, pengaruh negara ini masih terasa hingga sekarang, terutama dalam sistem pendidikan, hukum, dan pemerintahan.

35. Karena cukup lama berada di bawah jajahan Inggris, sebagian besar rakyat India fasih berbicara dalam bahasa Inggris.

36. India merupakan tempat lahirnya banyak pebisnis handal di bidang IT. Mereka antara lain adalah Vinod Khosla (co-founder Microsystems), Vinod Dahm (pencipta chip Pentium), dan Rajiv Gupta (General Manager Hewlett Packard).

37. Mahatma Gandhi, sosok yang memperjuangkan kemerdekaan India, dianggap sebagai salah satu pemimpin terbesar dan terhebat di dunia. Ia dianggap sebagai tokoh yang mampu memperjuangkan hak-hak negaranya tanpa jalan kekerasan.

38. Gandhi dibunuh pada tahun 1948, ditembak di bagian dada.

39. Walaupun dikagumi oleh dunia internasional, ternyata banyak generasi muda India masa kini yang tidak menyukai sosok Mahatma Gandhi. Ia dianggap terlalu teoritis, dan beberapa keluarga Gandhi dikenal memiliki reputasi buruk di dunia politik.

40. Di New Delhi, ada sebuah kuil bernama "Lotus Temple". Kuil ini berbentuk seperti bunga teratai raksasa yang sangat indah.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjg7dNX3nez6BJ4q12R_Olle9ihHGbbxQEaeRXnqN2MD1jfrYud0SA6xGSBEV7kMFfRE-r_Y-yryA9Ceic4wraVCXbn0kPYH2QAazihbQMmUqFHOFET2oEGVKIN6bdTjVQMO-t9nrDXBf8/s1600/lotus.jpg

41. India merupakan salah satu tempat di mana situs mencari jodoh secara online sangat laris.

42. Sebagian besar pernikahan di India dilangsungkan dengan sistem perjodohan. Pernikahan jenis ini disebut dengan "arranged marriage," sedangkan pernikahan di luar perjodohan disebut "love marriage".

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiS6aF8faUoesb-NKrc2Q_s2nR1BpE9Lk1EECTjP5Lhd32_S8Vw_GWgqnGHPucRD1bQXn9bnRb3t0arbehqK_3BDG-fT-O42-LNpFIwxD3lhAELJ72iCAVWA_AzmjwUNFJnRuYItqCHDnc/s1600/HinduMarriageIndia.jpg

43. Masih banyak yang menganggap pernikahan di luar perjodohan sebagai sesuatu yang tabu, bahkan di kalangan masyarakat modern India.

44. Di India, mempelai wanita harus membayar mahar yang dikenal dengan namadowry. Dowry dibayarkan bergantung dari "kualitas" sang mempelai pria. Mulai dari tingkat pendidikan, gaji, status sosial, dan kasta. Makin tinggi status sang pria, makin besar dowry yang harus dibayarkan.

45. Karena tidak mampu membayar mahar, banyak wanita yang memutuskan untuk tidak menikah hingga mencapai usia tua.

46. Pohon Banyan merupakan pohon nasional India, merupakan simbol keabadian dan muncul dalam banyak cerita legenda negara ini.

47. Dua cerita legenda India yang paling terkenal adalah Ramayana dan Mahabharata.

48. Versi cerita Ramayana dan Mahabharata di India hampir 98 persen sama dengan cerita versi Indonesia.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRGgSB5l6k0ufuTFyw9jmGZ3PNfWpKsrp6id-u9tzYLiTehiFpZDw1TUACbKkog0rUFJTMkntfx7f_Ldcpqj6rjyt-fAE5gGyN2rWxn4UF3WdCVw2Giedznh_ZkC-jGwvELJ5wlXdB9E4/s1600/'3'_The_Mahabharata,_the_war,_Sanskrit_Epic_India.jpg
49. Kriket adalah olahraga terpopuler di India. Popularitas kriket di negara ini jauh melampaui sepakbola dan basket.

50. Walaupun demikian, olahraga nasional negara ini adalah hoki.

51. Burung merak pada awalnya dikembangbiakkan di India sebagai bahan makanan. Lama-kelamaan, hewan ini berubah menjadi burung nasional.

52. Buah nasional India adalah mangga. Di negara ini, kamu bisa menemukan berbagai versi minuman mangga yang rasanya luar biasa manis.

53. Berdasarkan berbagai penemuan yang terjadi, India merupakan negara pertama dalam sejarah yang mendokumentasikan proses operasi plastik.

54. Bahasa resmi India adalah Hindi dan Inggris.

55. Ada pula 22 bahasa lokal yang diakui secara resmi oleh pemerintah, seperti Telugu, Tamil, Kannada, dan Urdu.

56. Ada lebih dari 1.600 dialek yang digunakan dalam negara ini.

57. Dengan jumlah pegawai mencapai 16 juta, India negara dengan jumlah pegawai negeri sipil terbanyak di dunia.

58. Konsumsi produk susu di negara ini juga sangat tinggi. Tak heran, India merupakan negara penghasil susu terbesar di dunia.

59. Mandi di sungai Ganga dianggap sebagai sebuah aktivitas yang bisa mencuci bersih dosa dan berbagai perbuatan buruk di masa lalu.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUBW4CgcTQO5CJuzPmTJIFHM36LcQlLig-k1N8IC1WXalFiPcEgiMqjMGKVCeZITcy4wgSPyV23BiGgLXALBaGbbAyJs8fV3DvmoixldZqu8YxKvZI2iDY6K1jF7HFW3Q8W1EG-QPJPVU/s1600/gangga2.jpg

60. Raziya Sultana merupakan pemimpin wanita pertama di India yang menjalankan kepemimpinannya di abad ke-13. Setelah tiga tahun memerintah, ia dibunuh oleh para penentangnya.

61. Sama seperti di Indonesia dan sebagian besar negara Asia, menggunakan tangan kiri untuk makan dan berjabat tangan dianggap sebagai sesuatu yang tidak sopan.

62. Dengan total jalan raya yang membentang sepanjan 1,9 juta mil, India merupakan negara ketiga dengan jumlah jalan terpanjang di India.

63. Di upacara pemakaman, kebanyakan orang India tidak mengenakan pakaian berwarna hitam, namun justru berwarna putih.

64. Seluruh wilayah di India terletak dalam satu zona waktu.

65. Pakistan pada awalnya merupakan bagian dari India. Negara ini memisahkan diri pada tanggal 15 Agustus 1947.

66. Proses pemisahan Pakistan dari India dilakukan dengan pemberontakan yang menelan ratusan hingga jutaan korban jiwa,

67. India juga cukup maju dalam bidang sastra modern. Beberapa penulis seperti Salman Rushdie, Vikram Seth, dan Arundhati Roy merupakan penulis yang sudah memenangkan berbagai penghargaan internasional.

68. India adalah negara penghasil teh terbesar di dunia.

69. Minuman terpopuler di negara ini dikenal dengan namachai, merupakan campuran antara teh dan susu yang disajikan dalam cangkir kecil,

70. Di India, ada sebuah musim yang disebut dengan monsoon atau muson yang merupakan musim peralihan dari panas ke dingin.

71. India merupakan tempat di mana salah satu keajaiban dunia, Taj Mahal, terletak.

72. Taj Mahal dibangun oleh kaisar Shah Jahan untuk istri tercintanya, Mumtaz Mahal.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitFl2PUpxB8h_YMHj_2U3R2YoKak7Bh5o7BWsGCjFhyphenhyphen2hx_hhKi9Di_YAxxQHVzdf2PU9VuJMt9sRzK7FNnYjgvVZv4yYqfA6MZuTy68hq9QavCRDeHRr2sO1eBQ3nKA3ITzWGhQmTYH4/s1600/taj-mahal-368_640.jpg

73. Bangunan ini menjadi salah satu keajaiban dunia karena konstruksi bangunannya yang sangat indah. Hampir seluruh bangunan ini terbuat dari marmer.

74. Untuk menyelesaikan Taj Mahal, diperlukan tenaga 22.000 tukang selama 22 tahun.

75. India merupakan salah satu tempat pertama di mana salah satu kebudayaan terbesar di dunia berkembang, tepatnya di daerah Sungai Indus.

76. Kebudayaan Sungai Indus yang lahir 3.000 tahun sebelum Masehi melahirkan berbagai kerajaan, antara lain kerajaan Mesir dan Mesopotamia.

77. Penghuni asli bangsa India disebut bangsa Dravida. Bangsa Arya kemudian mengambil alih dominasi bangsa Dravida pada tahun 2.000 sebelum Masehi.

78. Di India, ada lebih dari 6 juta dewa. Hampir semua dewa tersebut memiliki kuil dan tempat pemujaan sendiri.

79. Nama "India" berasal dari nama Sungai Indus, tempat lahirnya kebudayaan besar umat-manusia.

80. Bentuk pemerintahan India adalah republik federal konstitusional, dijalankan dengan sistem parlementer.

81. Nama resmi India adalah "Bharat Ghanarajya".

82. Harga koran dan buku di India jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia. Satu eksemplar koran dihargai sekitar 200 sampai 500 rupiah.

83. Konon, universitas pertama di dunia didirikan di India dengan namaTakshila pada tahun 700 Sebelum Masehi.

84. India dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki banyak wanita cantik. Sejauh ini, India telah memenangkan dua gelar Miss Universe dan lima titel Miss World.

85. Rata-rata usia penduduk di India jauh lebih muda dibandingkan di negara-negara lain di Eropa atau Amerika. 50% penduduk India berusia di bawah 25 tahun dan 65% berusia di bawah 35 tahun.

86. Karena memiliki banyak penduduk di usia produktif, India diprediksi akan melejit sebagai kekuatan baru perekonomian di Asia.

87. Produk ekspor utama India terletak di sektor pertanian.

88. India dikenal sebagai pengekspor pisang nomor satu di dunia.

89. Makanan pokok di India utara adalah gandum yang diolah menjadi roti, sedangkan makanan pokok di India selatan adalah nasi.

90. India memiliki variasi satwa yang kaya, terutama burung. 13.7% spesies burung yang ada di seluruh dunia bisa ditemukan di negara ini.

91. Pendidikan di bidang IT di berbagai universitas di India juga belakangan ini sangat maju. Salah satu institut terbaik India, IIT (Indian Institute of Technology) telah melahirkan banyak lulusan yang bekerja di berbagai perusahaan elit, seperti Microsoft, Apple, Google, bahkan NASA.

92. Selain bidang IT, bidang bisnis juga menjadi pilihan yang tepat untuk belajar di India. Beberapa sekolah bisnis di India bahkan masuk dalam daftar 20 sekolah bisnis terbaik di dunia.

93. Tirupathi adalah tempat yang paling banyak dikunjungi untuk melakukan "pilgrimage", lebih banyak daripada Vatikan atau Mekah.

94. Tiga warna dalam bendera India memiliki makna yang berbeda-beda. Warna saffron melambangkan keberanian dan pengorbanan, warna putih melambangkan kesucian, dan warna hijau melambangkan kesejahteraan.

95. Di tengah-tengah bendera India terdapat simbol Ashok Chakra yang melambangkan kebenaran.

96. India juga merupakan negara pembeli emas terbesar. Emas sendiri memegang peranan penting dalam berbagai acara seremonial seperti pernikahan, upacara adat, dan perayaan festival keagamaan.

97. Negara ini juga merupakan tempat dengan jumlah masjid terbanyak di dunia.

98. Perusahaan software juga berkembang dengan sangat pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Perusahaan-perusahaan software di negara ini mengekspor produknya ke lebih dari 60 negara.

99. Selain film dan IT, India juga dikenal oleh dunia internasional melalui Yoga, sebuah teknik untuk relaksasi dan meditasi. Yoga dianggap sebagai salah satu bentuk olah tubuh paling populer di dunia, bahkan dimasukkan dalam berbagai terapi medis.

100. Kain saree merupakan pakaian tradisional India yang sangat terkenal dan diminati oleh banyak orang dari berbagai negara.

Pembagian Kekuasaan Antara Pemerintah Pusat Dan Daerah India
Pembagian kekuasaan antara pemerintah pusat dan daerah di India dapat dibahas dalam 3 hubungan diantaranya hubungan legislatif , hubungan administrasi dan hubungan keuangan dengan mengacu pada tiga daftar ;
1.         Hubungan Legislatif Pusat Daerah
UNION LIST STATE LIST CONCURRENT LIST Memiliki subyek penting Nasional. Memiliki subyek penting lokal dan daerah. Memiliki subyek kepentingan bersama baik ke pusat dan Negara. Pemerintah Pusat dapat membuat hukum Pemerintah daerah. saja bisa membuat undang-undang Pemerintah Pusat dan Negara dapat membingkai hukum. Pertahanan, Perbankan, Mata uang, urusan luar negeri dan komunikasi. Polisi, perdagangan,, pertanian dan irigasi. Pendidikan, Hutan, Pernikahan, Adopsi dan suksesi.
Residuary List Pemerintah pusat memiliki kekuasaan untuk membuat undang-undang untuk subjek yang tidak termasuk dalam salah satu dari tiga daftar. Special Status Memiliki konstitusi sendiri. Banyak ketentuan Konstitusi India tidak berlaku untuk negara ini tanpa persetujuan dari majelis negara bagian.
2.         Hubungan Administrative Pusat-Daerah
Konstitusi India diterima dalam hubungan administratif antara pusat dan daerah , prinsip umum yang ditetapkan oleh penulis tindakan 1935 bahwa kekuasaan eksekutif adalah sama luas dengan kekuasaan legislatif. Demikian pula, kekuasaan eksekutif negara diperpanjang untuk serupa dengan kompetensi legislatif dari legislatif daerah.
3.         Hubungan Financial Pusat Daerah
Skema distribusi sumber pendapatan Distribusi kekuasaan pajak pusat dan daerah telah benar-benar terpisah dan ada yurisdiksi non - bersamaan dunia. 5 kategori item perpajakan: 1. Pajak dipungut oleh pusat tetapi dikumpulkan dan disesuaikan oleh daerah 2. Pajak dipungut dan dikumpulkan oleh pusat tapi ditugaskan ke daerah 3. Pajak dipungut dan dikumpulkan oleh pusat dan wajib didistribusikan antara pusat dan daerah-daerah 4. Pajak dipungut dan dikumpulkan oleh pusat dan dapat didistribusikan antara pusat dan daerah, jika parlemen oleh hukum sehingga memberikan 5. Pajak dipungut dan dikumpulkan dan disimpan oleh pusat.





BAB III
PENUTUP

Kesimpulan

             Dapat disimpulkan India adalah sebuah negara di Asia yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu milyar jiwa, dan negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis dengan luas wilayah 3.287.590 km². Negara yang berbatasan langsung dengan India adalah Bangladesh, Nepal dan Pakistan. Negara India sendiri dibagi menjadi 28 negara bagian (yang kemudian dibagi kepada distrik), 6 Wilayah Persatuan (Union Territory) dan Wilayah Ibu Kota Nasional (National Capital Territory) Delhi.
            India memiliki banyak kebudayaan menarik yaitu Negara ini memiliki agama Hindu yang lebih dominan dan sertai dengan agama lain seperti Islam , Kristen dan lain-lain. India memiliki perbedaan antara kota satu dengan kota yang lainnya dimana kota-kota pusat bisnis yang lebih baik dibandingkan dengan kota-kota yang bukan bisnis cenderung kumuh dan penuh kemiskinan.



Daftar Pustaka

vivanews.com
detik.com
Ruanghati.com
Kaskus.com
Makalah Kelompok 5 tentang India.

1 comment: